Trik Jitu Mempercepat Loading BLOG

Trik jitu menambah atau menaikan peforma blog ( kecepatan loding blog ) ini sebenarnya sangat simple, sepele dan logis. Namun justru itu kadang hal hal yang sepele suka luput untuk kita perhatikan.

Apa yang saya maksud kan di sini ialah ; jika kita mempunyai banyak file javascript, sering kali yang kita lakukan menyimpan dengan url ter-sendiri ( url file javascript -nya berbeda-beda ) walaupun tempat penyimpananya sama. maka yang terjadi saat loding blog, browser akan meminta dan menerima javascript satu persatu dengan cara dicicil. Tidak demikian halnya jika kita mengabungkan file-file javascript tersebut dalam satu file dan dalam satu url, maka secara logika browser akan menerima paket javascript yang kita miliki secara bersamaan. Sangat simple, sepele dan logis bukan ?

Cara seperti di atas telah saya aplikasikan pada blog ini dan terbukti menambah score sampai 4 (empat) bit di Yslow

Trik Jitu

Jika anda peduli dengan blog ke sayangan anda. Mari kita praktekan sekarang juga.

» Gunakan browser Firefox, kemudian unduh dan install pengaya { add-ons ) FireBug dan Yslow. ( sesuia kan dengan versi Firefox anda ).

» Setelah keduanya terinstall klik ikon Firebug di pojok kanan bawah browser ( icon mirip binatang kecoa ).

» Dalam tab menu pilih menu Yslow, kemudian klik Grade untuk mengetahui nilai status score blog kita ( ingat score anda berapa ).

» Masih dalam Yslow, kemudian klik menu Tool. Setelah itu pilih dan klik tulisan All JS Minified ( tool compres javascript).

» Dalam jendela yang terbuka banyak javascript yang telah di compres, pilih javascript yang ingin anda gabungkan. copy paste ke dalam program notepad. kemudian save as ke dalam format file JS ( contoh pada kolom file name di isi : myscript.JS . kemudian pada Save as Type pilih All File ).

» Upload file javascript tersebut ke tempat biasa anda menyimpanya. ( saran saya simpan di Code Google ).

» Sebelum mengganti dan menghapus javascript lama dengan file javacsript yang baru, di backup dulu terutama url javascript.

» Setelah beres dan tidak ada masalah, coba test kembali peforma blog anda di Yslow – klik Grade, dan perhatikan berapa bit score angkanya, berapa score perubahannya.. dan laporkan di sini kepada saya.. heheheh..

Comments

  1. usahakan tambahkan dengan gambar, agar lebih menarik dah mudah untuk di pahami pembaca..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkomentar

Popular Posts